Software Anti Virus

Wednesday, June 9, 2010

Sistem Informasi Kredit

Sistem Informasi Kredit Pada Perum Pegadaian Cabang Ungaran

BAB I
PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang
Pada masa sekarang ini, kebutuhan informasi berbasis komputer merupakan kebutuhan vital bagi perusahaan. Dalam hal ini komputer berperan sangat penting yaitu sebagai alat bantu utama dalam proses pencatatan dan pengolahan yang intinya dapat menghasilkan informasi yang cepat, tepat dan akurat. Informasi yang cepat, tepat dan akurat merupakan modal utama bagi suatu perusahaan atau informasi dalam menentukan langkah-langkah guna peningkatan dan pengembangan perusahaan itu sendiri dimasa yang akan datang.

Demikian pula umum pegadaian, pegadaian merupakan salah satu soko guru perekonomian nasional yang diharapkan dapat membantu pemerintah dalam mensukseskan usaha pemerataan pembangunan, peningkatan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat, sangat membantu program pengentasan kemiskinan, terutama pada masa sekarang ini. Kredit dengan sistem gadai dirasa sangat sesuai dengan kondisi masyarakat Indonesia dan merupakan alternatif ideal terutama bagi golongan menengah kebawah. Untuk itu pegadaian dituntut lebih profesional dalam memberikan jasa pelayanan kepada nasabah yang kian meningkat jumlahnya, dengan dukungan suatu sistem informasi yang baik. Perum Pegadaian khususnya Cabang Ungaran menawarkan jasa pelayanan yang diantaranya adalah pemberian kredit dengan tanpa meninggalkan ciri khusus dan misinya yaitu penyaluran pinjaman atau kredit atas dasar hukum gadai. Dalam pemberian jasa tersebut tidak lepas dari aktivitas pencatatan dan pengolahan data. Data diolah meliputi data-data pemberian dan pelunasan kredit yang tentunya melibatkan dokumen-dokumen yang penting khususnya bagi nasabah sendiri maupun bagi Perum Pegadaian guna proses pengolahan data. Hal ini menjadi masalah karena pihak Pegadaian khususnya Cabang Ungaran harus menangani sekian banyak data baik data nasabah sendiri beserta barang yang dijadikan agunan sampai tranksaksi yang dilakukan dan kemudian memprosesnya secara berulang-ulang sampai menjadi laporan, sehingga apabila masih mengunakan cara konfensional atau manual tentu akan memakan waktu yang lama dan kemungkinan kesalahan relatif tinggi.

Sehubungan dengan hal tersebut diatas, pada penyusunan skripsi ini penulis mengambil judul " Sistem Informasi Kredit Pada Perum Pegadaian Cabang Ungaran ".

1.2. Perumusan Masalah
Permasalahan yang muncul di perum Pegadaian Cabang Ungaran adalah semakin kompleknya jenis pekerjaan yang harus diselesaikan dalam waktu yang singkat, meliputi proses pegadaian barang pinjaman, taksiran nilai barang, tebusan serta pengambilan barang, semua kegiatan ini memerlukan/kecepatan, ketelitian. Bertolak dari masalah tersebut penulis dapat merumuskan masalah sebagai berikut:
Bagaimana merancang sistem informasi kredit, sehingga dapat meningkatkan pelayanan dan efektifitas kerja di Perum Pegadaian Cabang Ungaran dalam bidang pemberian dan pelunasan kredit.

1.3. Pembatasan Masalah
Mengingat banyaknya masalah yang dihadapi oleh perum pegadaiaan serta terbatasnya waktu, maka penulis membatasi permasalahan hanya pada sistem kredit pada Perum Pegadaian Cabang Ungaran, yang meliputi:
1. Prosedur pemberian kredit atau prosedur pegadaian barang.
2. Prosedur pelunasan kredit atau prosedur penebusan barang.

1.4. Tujuan Penelitian
Tujuan yang dikehendaki dicapai dengan pembuatan skripsi ini adalah: merancangkan sistem bagi obyek yang diteliti, sebagai pertimbangan komputerisasi pengolahan data pada masa yang akan datang.

1.5. Manfaat
1.5.1. Bagi Penulis
Menerapkan teori yang telah diperoleh dalam perkuliahan dan untuk mengembangkan kemampuan dan kreatifitas berpikir serta untuk melatih melakukan penelitian secara ilmiah dan menyajiken dalam bentuk laporan yang baik.

1.5.2. Bagi Perum Pegadaian Cabang Ungaran
Memberikan masukan mengenai pengembangan sistem kompurtisasi untuk mengoptimatkan proses pelayanan pegadaian sehingga efisiensi kerja, ketelitian dan keamanan data tercapai.

1.5.3. Bagi Akademis
Menambah kepustakaan akademik dan memberikan informasi bagi para pembaca sebagai bahan acuan untuk pengembangan dan penelitian lebih lanjut.

1.6. Metodologi Penelitian
Dalam memperoleh data, penulisan sekripsi ini menggunakan beberapa sumber data, yang antara lain sebagai berikut:

1.6.1. Jenis Data
a. Data Primer (Marzuki, 2001)
Data primer yaitu data yang diperoleh langsung dari sumbernya, diamati dan dicatat untuk pertama kalinya. Data diperoleh dengan cara melakukan pengamatan secara langsung terhadap obyek yang berkaitan langsung dengan permasalahan yang telah dirumuskan.

b. Data Sekunder ( Marzuki, 2001)
Data sekunder yaitu data yang bukan diusahakan sendiri pengumpulannya oleh peneliti, misalnya dari biro statistik, majalah, keterangan-keterangan atau publikasi lainnya. Data diperoleh melalui berkas-berkas yang diperoleh dari perum pegadaian dan dari buku-buku literatur yang ada hubungannya dengan obyek penelitian.

1.6.2. Teknik Pengumpulan Data
a. Interview ( Marzuki, 2001 )
Interview merupakan cara pengumpulan data dengan jalan tanya jawab sepihak yang dikerjakan dengan sistematik dan berlandasakan tujuan penelitian. Data diperoleh dengan cara melakukan tatap muka secara langsung dan mengadakan tanya jawab untuk mendapatkan informasi yang diperlukan.

b. Observasi ( Marzuki, 2001 )
Metode observasi dilakukan dengan melakukan pengamatan dan pencatatan secara sistematis terhadap gejala atau fenomena yang diselidiki. Data diperoleh dengan jalan meninjau langsung keadaan obyek yang diteliti.

c. Kepustakaan ( Supranto, 1997 )
Kepustakaan merupakan metode pengumpulan data yang dilakukan dengan membaca buku-buku dan sumber data lainnya dalam perpustakaan. Metode ini didapac dengan cara mempelajari literatur-literatur yang berkaitan langsung penyusunan laporan ini.

1.7. Sistematika Penulisan
BAB I PENDAHULUAN
Pendahuluan berisi tentang latar belakang masalah, perumusan masalah, pembatasan masalah, tujuan dan manfaat, metode penelitian dan sistematika penulisan.

BAB II LANDASAN TEORI
Berisi teori-teori yang mendukung dan sumber-sumber lainnya yang dapat digunakan sebagai pembanding atau acuan didalam pembahasan masalah yang meliputi pengertian sistem dan informasi, analisa sistem, perancangan sistem, pengertian data base, pengertian gadai dan sekilas lentang software yang digunakan yaitu visual basic 6.0.

BAB III GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN
Berisi penjelasan tentang gambaran umum obyek penelitian yaitu perum pegadaian cabang ungaran meliputi latar belakang berdirinya, kedudukan perum pegadaian, struktur organisasi serta diskripsi masing-masing bagian.

BAB IV PEMBAHASAN MASALAH
Berisi analisa sistem dan perancangan sistem yang terdiri dari data flow diagram ( DFD ), normalisasi , desain database, Hierarchy Input Proses Output ( HIPO ), dan desain input output.

BABV PENUTUP
Berisi kesimpulan dan saran-saran.

PO KOMPUTER 001

No comments:

Post a Comment

Post a Comment

Cari Skripsi, Artikel, Makalah, Anti Virus

Custom Search