Software Anti Virus

Sunday, March 28, 2010

Sistem Informasi Penggajian

Sistem  Informasi Penggajian karyawan pada PT. CJ GLS Indonesia Semarang
BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Keberadaan tenaga kerja merupakan salah satu aspek yang sangat penting dalam satu kemampuan. Tindakan yang biasanya dilakukan oleh kemampuan dalam memberikan motivasi kepada karyawan adalah dengan memberikan gaji atau upah yang diberikan kemampuan adalah hak karyawan, sehingga perusahaan telah memenuhi kewajiban dalam memotivasi karyawan untuk bekerja lebih produktif. Sistem pemberian gaji atau upah tenaga kerja dalam kemampuan yang besar dan jumlah tenaga kerja yang cukup banyak terdiri dari bermacam-macam bagian merupakan pembagian kerja yang sesuai dengan pembagian kegiatan tersebut. Gaji tidak hanya mencakup gaji pokok saja melainkan ada hal-hal yang perlu diperhertikan seperti tunjangan-tunjangan, potongan, lembur, dan sebagainya.

Pada tanggal 1 Agustus 2006, kantor pusat memberikan wewenangnya kepada PT. Cherl Jedang Globar Logistic Service Indonesia (PT. GJ GLS Indonesia) Semarang untuk melaksanakan semua kegiatan yang berhubungan dengan kemampuan, salah satunya penggajian karyawannya. Kantor pusat hanya menerima laporan setiap bulannya saja. Pada PT. CS GLS Indonesia terdapat 50 orang karyawan, sedangkan pengolahan data penggajian dengan banyak transaksi antara lain kasbon, lembur, potongan, dan tunjangan dalam setiap bulannya dan semua data tersebut masih diolah secara manual sampai dengan penghitungan gajinya pun masih belum terkomputerisasi.

Apabila di dalam penghitungan gaji memakan waktu 4 sampai 5 jam dan terjadi secara terus-menurus akan mengakbiatkan keterlambatan dalam pemberian gaji. Selain itu juga akan merugikan perusahaan dalam hal waktu, dimana aseharusnya bisa dipergunakan untuk hal lain karena permasalahan ini mengakibatkan terhambatnya kegiatan-kegiatan lagi. Dalam menangai permasalahan ini diperlukan suatu sistem yang memudahkan, cepat dan tepat serta akurat, maka kebutuhan akan perbaikan sistem lama harus segera ditangani karena sudah sangat mendesak.

1.2 Perumusan Masalah
Berdasarkan masalah yang dihadapi oleh pihak PT. CS GLS Indonesia Semarang maka perumusan masalah sebagai berikut “Bagaimana merancang sistem informasi penggajian karyawan yang dapat memberikan informasi yang lebih relevan, akurat dan tepat waktu pada PT. CS GLS Indonesia Semarang.”

1.3 Pembatasan Masalah
Dengan mempertimbangkan keterbatasan tenaga, biaya, waktu dan kemampuan serta mencegah pembahaan yang menyimpang maka pembatasan masalah hanya pada :
1. Pendataan karyawan
2. Pendataan kasbon
3. Pendataan lembur
4. Pembuatan slip peminjaman / kasbon
5. Pembuatan slip penggajian
6. Pembuatan lap penggajian

BAB II
LANDASAN TEORI

2.1 Konsep Dasar Sistem
Berikut ini adalah beberapa pendapat para ahli mengenai sistem, diantaranya menurut Drs. Zulkifli Amsyah MLS 2000 wh sistem adalah elemen-elememn yang saling berhubungan membentuk satu kesatuan/ organisasi yang mempunyai tujuan bersama.

Menurut Gordon B. Davis, 1998, bahwa suatu sistem terdiri dari beberapa elemen-elemen yang saling berhubungan membentuk satu kesatuan/ organisasi yang mempunyai tujuan bersama.
Dari berbagai pengertian diatas, dapat disimpulkan bahwa pada dasarnya suatu sistem merupakan kumpulan dari bagian-bagian yang lebih kecil / dapat disebut dengan subsistem, dimana subsistem tersebut saling berinteraksi satu sama lainya untuk mencapai tujuan bersama / tujuan yang telah ditetapkan.

2.2 Data dan informasi
2.2.1 Pengertian data
Data menurut Saty Sutanta (2004) adalah :
Data dsapa definisikan sebagai bahan kterangan tentang kejadian-kejadian nyata / fakta-fakta yang dirumuskan dalam sekelompok lambang tertentu yang tidak acak yang menunjukkan jumlah, tindakan, atau hal.

2.2.2 Pengertian Informasi
Informasi merupakan hasil pengolahan dsata sehingga menjadi bentuk yang penting bagi penerimanya dan mempunyai kegunana sebagai dasar dalam pengambilan keputusan yang dpa dirsakan akibatnya secara langsung saat itu juga/ secara tidak langsung pada saat mendatang (Eddy Sutanta, 2004).

2.3 Konsep Dasar Sistem Informasi
2.3.1 Pengertian Sistem Informasi
Menurut Robert A. Lestch dan K. Roscue Davis Sistem informasi merupakan suatu sistem dalam suatu organisasi yang mempertaemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung operasi, bersifat manajererial dan kegiatan strategi dari uaorgi serta menyadikan pihak luar tertentu dengan laporan yang diperlukan (Jogiyanto, HM,. 2001).

2.3.2 Pengertian SIM
Pengertian Sistem Informasi menurut Leman “Sistem Informasi Manajemen menyajikan informasi untuk mendukng menyajkikan opersional dan fungsi pengambilan keputusan manajemen dengan mempertimbangkan informasi apa, untuk siap dan kapan harus disajikan (George H, Bodian, 2003).

2.4 Analisa Sistem
2.4.1 Analisa sistem adalah nilai informasi yang utuh ke dalam bagian-bagian komponennya dengan maksud untuk mengidentifikasi dan mengevaluasi permalsaahn-permasalahan, hambatan yang terjadi dan kebutuhan yang diharapkan, sehingga dapat diusulkan perbaikan-perbaikannya”
(Jogiyanto, H.M., 2001)

2.4.2 Tahap Analisa Sistem
Tahapan-tahapan analisa sistem :
a. Tahap Identifikasi
b. Tahap Pemahaman
c. Tahap Analisis
d. Tahap Pelaporan

2.5 Konsep Dasar Perancangan Sistem
2.5.1 Pengertian Perancangan Sistem
Perancangan sistem adalah kegiatan merancang / mendesain suatu sistem yang baik yang isinya adalah langkah-langkah operasi dalam proses pengolahan data dan prosedur untuk mendukung operasi sistem.

Tujuannya : - Untuk memenuhi kebutuhan pemakai sistem
- Untuk memenuhi gambaran yang jelas, lengkap kepada programer dan ahli teknik lainnya yang terlibat.

2.5.2 Tahap Perancangan Sistem
Tahap Perancangan meliputi :
  1. Perancangan sistem yang terdiri dari investasi awal dan studi kelayakan
  2. Kebutuhan sistem yang terdiri dari operasi dan analisis sistem kebutuhan pemakai, pendektan dukung secara teknis, deain konsep dan uji ulang paket, penilaian alternatif dan perencanaan.
  3. Pengembangan sistem yang terdiri dari rancang bangun sistem secara teknis, rancang bangun aplikasi, pemrograman aplikasi, dan pengetesan prosedur pemakain dan pengendalian latihan untuk pemakai, pecangan, implementasi, perencanaan, konversi, pengetesan sistem.
2.5.3 Alat bantu dalam perancangan sistem
- Diagram alir data (data flow diagram)
- Kamus data
- Entity reletionship diagram (ERD)
- Tahapan Pembuatan ERD
- Transformasi ERD ke Tabel Basis Data Fisik

BAB III
METODOLOGI PENELITIAN

3.1 Obyek Penelitian
Pada penulisan tugas ini, obyek penelitian yang diambil adalah Sistem  Informasi Penggajian karyawan pada PT. CJ GLS Indonesia Semarang yang terletak di komplek pergudangan Majapahit No. 400 Blok F, Semarang.

3.2 Jenis dan Sumber Data
Jenis data ada 2 macam yaitu :
3.2.1 Data Primer
Yaitu segala data yang diperoleh penulis dari sumber secara langsung dengan mengambil sampel / menyebarkan angket kepada populasi.

3.2.2 Data Skunder
Yaitu segala keterangan yang diperoleh dari data-data lain yang dapat dipakai sebagai penunjang serta berkaitan dengan tema penelitian

3.3 Metode Pengumpulan Data
Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penyusunan bagian akhir ini yang :

3.3.1 Wawancara
Yaitu teknik pengumpulan data dengan tanya jawab secara langsung dengan pemberi data dalam hal ini adalah bagian administrasi PT. CS GLS Indonesia Semarang.

3.3.2 Observasi
Yaitu teknik mengadakan studi lapangan dengan cara mengamati dan mencatat secara sistemematik mengenai fenomena obyek yang diteliti.

3.3.3 Studi pustaka
Studi pustaka merupakan metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dengan mencari sumber dari buku / studi literatur terhadap data-data yang berkaitan dengan penelitian.

3.4 Tahap-tahap pengembangan sistem
Tahap pengembangan sistem informasi pada tugas ini menggunakan SDLC yaitu siklus hidup pengembangan sistem antara lain:

3.4.1 Tahap perencanana sistem
Perencanaan adalah kegiatan merencanakan kebutuhan pengguna yang menyangkut studi-studi kelayakan baik secara teknis maupun teknologi serta penjadwalan langkah awal untuk menuju taha berikutnya yaitu analisa sistem.

3.4.2 Analisa sistem
Dalam menganalisa data menggunakan analisa yang bersifat membandingkan antara landasan teori yang digunakan dengan obyek penelitian. Tahap analisa sistem yang dilakukan adalah :
a. Mendefinisikan masalah-masalah yang ada
b. Mempelajari struktur organisasi
c. Mengemgangkan alternatif pemecahan masalah yang telah ditentukan
d. Menggambarkan flow of document

3.4.3 Tahap implementasi sistem
Implementasi sistem merupakan tahpa penerapan sistem agar sistem tersebut dapat digunakan / dioperasikan untuk mencapai tujuan.

Adapun langkah-langkah implementasi sistem yaitu :
a. Rencana Implementasi
Membuat analisa biay an analisa manfaat

b. Kegiatan implementasi
Kegiatan yang dilakukan adalah :
1. Melakukan pemilihan data
2. Pemilihan tempat dan instalasi perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware)
3. Tindak lanjut implementasi
Melakukan pengetesan sistem secara keseluruhan dalam jangka waktu tertentu.

3.4.4 Tahap desain sistem
Desain sistem merupakan gambaran yang diberikan kepada user tentang sistem / ttt kegiatan yang akan dilakukan dan merupakan persiapan dari desain sistem setelah dilakukan analisa sistem. Desain sistem kegiatan yang dilakukan adalah :
a. Merancang aliran data dengan menggambarkan DFD
b. Merancang database dengan menggambarkan ERD teknik normalisasi
c. Menerjemahkan program dengan bahasa visual Foxpro 9.0

3.4.5 Tahap pemeliharaan sistem
Melakukan perawatan baik hardware maupun software setelah sistem diimplementasikan supaya sistem tersebut dapat berjalan sesuai yang diinginkan.

DAFTAR PERTANYAAN
  1. Bagaimana cara mengatasi masalah yang menghambat dalam penghitungan gaji karyawan pada PT. CJ GLS Indonesia Semarang?
  2. Apa saja yang dibatasi dalam pertimbangan keterbatasan tenga, biaya, waktu, dan kemampuan agar tidak menyimpang?
  3. Sebutkan tahap anlaisa sistem yang dapat dilakukan oleh penulis pada TP. CS GLS Indonesia.
  4. Selain gaji pokok, apa saja yang diberikan PT. CJ GLS Indonesia agar karyawan bekerja lebih produktif?
  5. Tunjangan apa saja yang diberikan PT. GC GLS Indonesia terhadap karyawannya?

DAFTAR PUSTAKA

Joegiyanto, H.M. Analisa dan Desain Sistem Informasi. Andi Offset; Yogyakarta, 2001.

Sutanto, Eddy, Sistem Basis Data, Graha Ilmu, Yogyakarta, 2004.

Z. Zulkifli Amsyah, Drs. MLS. Manajemen Sistem Informasi, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2000.

Jogianto, H.M. Analisa dan Desain Sistem Informasi, Andi Offset, Yogyakarta, 1999.

No comments:

Post a Comment

Cari Skripsi, Artikel, Makalah, Anti Virus

Custom Search