Software Anti Virus

Tuesday, April 20, 2010

Ekonomi Mikro

Kemelut kemerosotan ekonomi mikro di Indonesia tidak bisa diselesaikan dengan begitu mudah jika fundamental ekonomi mikro tidak kuat dan pemerintah harus memulihkan perekonomian seperti sebagaimana tahun-tahun sebelumnya terjadinya ketidak seimbangan dalam neraca pembayaran mempunyai pengaruh yang besar terhadap negara yang menganut sistem perekonomian terbuka dengan adanya perdagangan terbuka maka ketergantungan antara satu negara dengan negara lain di dunia akan dapat diatasi misalnya adanya perubahan yang terjadi antara suatu negara akan dapat di exspor ke negara lain yang mempunyai ketergantungan terhadap perekonomian dunia. 

Perekonomian yang menganut sistem perekonomian terbuka, sangat dipengaruhi oleh perdagangan luar negeri yang mana dapat dilihat dari adanya kegiatan ekspor dan impor, ekspor merupakan penghasil devisa yang utama, apabila ekspor suatu negeri tinggi maka devisa banyak mengalir ke dalam negeri yang bersangkutan. Begitu juga halnya dengan negara Indonesia yang menganut sistem perekonomian terbuka, karena Indonesia mempunyai ketergantungan yang tinggi terhadap dunia luar.

Saya mengharapkan kepada pemerintah Indonesia untuk memikirkan nasib daripada 200 juta rakyat Indonesia yang menunggu pemulihan ekonomi mikro Indonesia.

Saya sebagai mahasiswa juga menghimbau kepada pemerintah bilamana menyusun suatu program pemulihan ekonomi Indonesia supaya dilakukan secara transparan dan secara terbuka, termasuk dalam hal program-program reformasi politik dan ekonomi. Hal ini sangat penting artinya bagi kami rakyat Indonesia. Saya seringkali mendengarkan program-program pemerintah yang hanya disebutkan istilahnya saja seperti 'IMF Plus', 'CBS non-orthodox', 'Sistem Mexico' dan lainnya. Saya tetap menganggap bahwa sebagai rakyat dan warga negara Indonesia kami berhak mengetahui rencana-rencana serta program-program yang disusun oleh pemerintah.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment

Cari Skripsi, Artikel, Makalah, Anti Virus

Custom Search