Software Anti Virus

Wednesday, March 24, 2010

Indikator-indikator Kemiskinan

Indikator-indikator Kemiskinan adalah ketidak mampuan untuk menaati norma yang berlaku dan  ketidak mampuan memenuhi kebutuhan dasar ekonomi untuk hidup layak.
Tidak adanya kesempatan dan pilihan dasar untuk pembangunan manusia untuk manusia hidup panjang umur, sehat, kreatif dan menikmati standar hidup layak beabas bermartabat, percaya diri dan hormat pada orang lain.

PENYEBAB KEMISKINAN
  • Penyebab individual, atau patologis, yang melihat kemiskinan sebagai akibat dari perilaku, pilihan, atau kemampuan dari si miskin;
  • penyebab keluarga, yang menghubungkan kemiskinan dengan pendidikan keluarga;
  • penyebab sub-budaya (subcultural), yang menghubungkan kemiskinan dengan kehidupan sehari-hari, dipelajari atau dijalankan dalam lingkungan sekitar;
  • penyebab agensi, yang melihat kemiskinan sebagai akibat dari aksi orang lain, termasuk perang, pemerintah, dan ekonomi;
  • penyebab struktural, yang memberikan alasan bahwa kemiskinan merupakan hasil dari struktur sosial.
Indikator-indikator kemiskinan memiliki ciri-ciri, sebagai berikut:
  1. Luas lantai bangunan tempat tinggal kurang dari 8m2 per orang
  2. Jenis lantai bangunan tempat tinggal terbuat dari tanah/ bambu/ kayu murahan
  3. Jenis dinding tempat tinggal terbuat dari bambu/ rumbia/ kayu berkualitas rendah/ tembok tanpa plester
  4. Tidak memiliki fasilitas buang air besar/ bersama-sama dengan rumah tangga lain
  5. Sumber Penerangan Rumah Tangga tidak menggunakan listrik
  6. Sumber air minum berasal dari sumur/ mata air tidak terlindungi/ sungai /air hujan.
  7. Bahan bakar untuk memasak sehari-hari adalah kayu bakar/ arang/ minyak tanah
  8. Hanya mengkomsumsi daging/ susu/ ayam satu kali dalam seminggu
  9. Hanya membeli satu stel pakaian baru dalam setahun
  10. Hanya sanggup makan sebanyak satu/ dua kali dalam sehari
  11. Tidak sanggup membayar biaya pengobatan di Puskesmas/ poliklinik
  12. Sumber penghasilan kepala rumah tangga adalah: petani dengan luas lahan 0.5 ha, buruh tani, nelayan, buruh perkebunan atau pekerjaan lainnya dengan pendapatan dibawah Rp.600.000 (enam ratus ribu rupiah) per bulan
  13. Pendidikan tertinggi kepala rumah tangga: tidak sekolah/ tidak tamat SD/ hanya SD
  14. Tidak memiliki tabungan/ barang yang mudah dijual dengan nilai Rp.500.000.-(lima ratus ribu rupiah), seperti: Sepeda motor (kredit/ non kredit), emas, ternak, kapal motor atau barang modal lainnya. Ke 14 indikator itu, adalah ciri-ciri kemisikinan pada satu rumah tangga yang berhak menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT), yang memenuhi 9 indikator berhak untuk menerimanya.
Indikator Lokal Kemiskinan
Data kemiskinan di atas perlu dilengkapi dengan indikator lokal kemiskinan, yakni menentukan kriteria kemiskinan berdasarkan kebiasaan dan nilai-nilai masyarakat setempat yang merepresentasikan karakteristik komunitas miskin berdasarkan wilayah dan sektor, kohesi sosial komunitas miskin dengan lingkungan sekitar, dan kualitas pelayanan sektor publik. Indikator lokal kemiskinan juga merepresentasikan keadaan ekonomi berupa kepemilikan aset, sumber pendapatan, pola produksi, pola pembelanjaan dan keterampilan yang dimiliki. Adapun hasil yang bisa diperoleh dengan adanya indikator lokal kemiskinan: 
Pertama, tersedianya database yang valid tentang orang miskin. 
Kedua, lokasi dan penyebab miskin. 
Ketiga, menjadi dasar yang kuat untuk merumuskan strategi dan kebijakan serta program penanggulangan kemiskinan serta memudahkan evaluasi pengukuran atas efektifitas dampak program penanggulangan kemiskinan.

Rekomendasi
Indikator lokal kemiskinan menjadi dasar untuk merumuskan strategi penanggulangan kemiskinan di Kota Solo agar lebih terpadu, terencana dan berkesinambungan. Selain itu indikikator lokal kemiskinan juga dapat meminimalkan perbedaan cara pandang menentukan kriteria miskin antar dinas seperti DKRPP dan KB, BPS atau Bapeda. Dengan adanya indikator lokal kemiskinan, Pemerintah Kota Solo juga akan memiliki sistem informasi kemiskinan yang akurat.

No comments:

Post a Comment

Cari Skripsi, Artikel, Makalah, Anti Virus

Custom Search