Software Anti Virus

Wednesday, April 7, 2010

Analisa Pengaruh Keunggulan Produk

ANALISIS PENGARUH KEUNGGULAN PRODUK, KEGUNAAN PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP TINGKAT KESUKSESAN PRODUK EXTRA JOSS DI SEMARANG

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah
Pada dasarnya setiap orang memerlukan suplai energi yang cukup untuk dapat melakukan aktivitas sehari-hari. Apalagi bagi olahragawan dan pekerja berat. Suplai energi ini berfungsi mengganti ion-ion tubuh yang hilang akibat aktivitas tersebut, karena setelah beraktivitas berat ion-ion yang hilang tersebut tidak segera disuplai, maka seseorang akan kekurangan energi, sehingga menjadi lemas dan kurang bersemangat (http://www.indomedia.com/).

Proses hilangnya ion tubuh dan perlunya suplai ion pengganti merupakan proses alamiah yang terjadi pada setiap orang. Untuk mengganti ion-ion yang hilang itu banyak cara yang bisa dilakukan, antara lain dengan mengkonsumsi makanan yang dibutuhkan tubuh seperti karbohidrat, vitamin, gula, protein, lemak dan mineral. Zat-zat ini dapat diperoleh dari berbagai makanan dan buah-buahan, serta minum air putih. Namun banyak orang yang lebih suka mengambil jalan pintas untuk menyuplai energi yang hilang tersebut dengan minuman berenergi sebagai sumber tenaga tambahan. Kelebihan produk ini adalah manfaatnya yang cepat terasa karena mengandung zat pemanis yang sangat mudah diserap tubuh. Berbeda dengan gula biasa yang perlu proses agak lama. Sumber lainnya yang juga mempengaruhi kecepatan reaksi adalah kandungan zat stimulan seperti caffein dan taurin. Kedua zat ini berfungsi untuk memperlancar metabolisme tubuh (http://www.indomedia.com/).

Suplai energi atau suplemen berfungsi sebagai pelengkap bila kebutuhan gizi yang disuplai dari makanan pokok tidak terpenuhi. Menurut DR. Dr. Saptawati Bardosono, M.Sc (2006), seorang ahli gizi dari Departemen Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, terdapat beberapa jenis suplemen, namun yang sering beredar di pasaran pada umumnya dibedakan berdasarkan kategori kegunaannya, yaitu (http://www-archive.com) :

1. Meningkatkan daya tahan tubuh
Suplemen berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Namun perlu diingat bahwa suplemen jenis ini hanya membantu, bukan faktor penentu. Meski dikonsumsi terus-menerus, tetap saja akan berisiko terkena penyakit.

2. Meningkatkan kemampuan otak
Suplemen ini berdampak pada kebugaran pada anak, sehingga ia lebih bersemangat dan giat belajar. Namun bila anak tidak belajar, meski minum secara teratur pun mustahil prestasinya tidak akan meningkat.

3. Suplemen makanan
Suplemen hanya membantu dan bukan menggantikan makanan. Demikian pula dalam pemberian vitamin, terutama vitamin A, D, E dan K yang kelebihannya tidak dapat terbuang lewat air seni karena vitamin-vitamin tersebut tidak larut dalam air. Endapannya dalam lemak akan berdampak negatif pada tubuh, salah satunya adalah merusak organ tubuh dan mengganggu fungsinya.

4. Meningkatkan nafsu makan
Suplemen ini dapat meningkatkan nafsu makan, terutama pada anak, walaupun penggunaannya dapat dikonsultasikan dengan dokter.
Oleh karena itu, saat ini banyak konsumen yang melakukan pembelian minuman penambah energy yang dijual bebas di pasaran, baik minimarket, toko kelontong bahkan warung. Akibatnya beberapa perusahaan memproduksi produk minuman energy dengan rasa yang berbeda-beda.
Berikut adalah tabel mengenai merek-merek terkenal untuk Kategori Minuman Penambah Tenaga Cair Semester I Tahun 2009 :

Tabel 1.1 menunjukkan bahwa merek-merek terkenal untuk Kategori Minuman Penambah Tenaga Cair ditempati Kratingdaeng sebagai yang nomor 1 dengan nilai 38,6% dan Extra Joss menempati ranking no. 2 dengan nilai 24,5%. Besarnya ranking tersebut menunjukkan penjualan di pasaran, semakin tinggi penjulan di pasar, maka semakin besar rangkingnya. Hal ini menunjukkan bahwa Extra Joss dibawah Kratingdaeng.

Alasan Extra Joss dibawah produk merek lain karena mempunyai kelemahan, yaitu adanya efek yang tidak baik pada tubuh bila sering mengkonsumsi minuman berenergi (suplemen), sehingga tidak dianjurkan untuk anak-anak, wanita hamil, menyusui, penderita hipertensi serta tidak dikonsumsi lebih dari 3 kali sehari (karena kadar maksimal kafein per takaran 50 mg) (http://priyadi.net/archives).

Produk Extra Joss termasuk produk baru yang sukses di pasaran. Produk yang sukses di dapat diukur melalui tingkat kesuksesan produk tersebut di pasaran. Tingkat kesuksesan produk merupakan seberapa jauh tumbuhnya minat beli, prioritas produk yang dibeli dan keputusan konsumen untuk membeli kembali varian produk tersebut di waktu yang lain (Komaryatin dan Fauziah, 2006:160). Kesuksesan produk dapat dicapai bila perusahaan memperhatikan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhinya, seperti kegunaan produk, keunggulan produk, dan dukungan pemasaran atau promosi. Sukses tidaknya suatu produk dengan salah satu indikasinya yaitu minat membeli merupakan seberapa besar minat seseorang untuk membeli suatu produk. Minat akan melahirkan frekuensi pembelian atau pembelian ulang. Minat pembelian dipengaruhi oleh nilai dari produk yang dievaluasi. Nilai merupakan perbandingan antara kualitas dan keunggulan produk terhadap pengorbanan dalam memperoleh suatu produk atau layanan. Bila manfaat yang dirasakan lebih besar daripada pengorbanan untuk mendapatkannya, maka dorongan konsumen untuk membeli produk tersebut akan semakin tinggi dan berpengaruh pula untuk kembali membeli produk tersebut di waktu lain (Komaryatin dan Fauziah, 2006:156). Bila suatu produk mempunyai nilai di mata konsumen, berarti produk tersebut mempunyai keunggulan di pasaran.

Keunggulan produk merupakan kaitan atribut produk yang terdiri dari kualitas, teknologi, dapat dipercayanya suatu produk baru, hal-hal baru dan keunikannya yang memberikan gambaran lebih konkret dari kemampuan perusahaan untuk memahami, memenuhi kebutuhan pelanggannya (Komaryatin dan Fauziah,2006:158). Perusahaan-perusahaan produsen akan selalu bersaing untuk menciptakan produknya agar lebih unggul, yaitu memiliki diferensiasi dibandingkan pesaingnya. Perusahaan juga harus mampu mengadaptasi siklus hidup produk guna mempertahankan keunggulan produknya dalam dinamika bersaing suatu produk (Komaryatin dan Fauziah,2006:156).

Disamping memiliki keunggulan, suatu produk tentunya harus bermanfaat atau berguna bagi konsumen. Suatu produk yang banyak kegunaannya dapat mempengaruhi keinginan konsumen untuk terus melakukan pembelian. Kegunaan produk adalah derajat kepercayaan konsumen bahwa dalam penggunaan produk atau jasa tertentu akan membawa peningkatan terhadap kinerja pekerjaan (Komaryatin dan Fauziah,2006:157). Pada saat produk baru diluncurkan, konsumen yang tertarik pada produk akan membeli atau mencoba. Keberhasilan produk tersebut di pasar terutama bagi produk yang baru dengan teknologi baru dimana belum ada perusahaan yang menawarkan produk serupa di pasar akan tergantung dari tanggapan atau reaksi konsumen selama mereka menggunakannya. Penilaian konsumen terhadap produk tersebut didasarkan pada kegunaan produk tersebut bagi dirinya, yaitu keyakinan konsumen bahwa dalam penggunaan produk atau jasa tertentu akan membawa peningkatan kinerja aktivitas atau pekerjaannya. Walaupun suatu produk mempunyai keunggulan dan berguna bagi konsumen, bila tidak dipromosikan, produk tersebut tidak sukses di pasaran. Oleh karena itu, suatu produk harus dikenalkan atau dikomunikasikan kepada masyarakat umum.

Promosi adalah seni untuk merayu pelanggan dan calon konsumen untuk membeli lebih banyak produk perusahaan (Tandjung,2004:83). Promosi juga merupakan komunikasi yang efektif terhadap konsumen. Efektivitas komunikasi dan frekuensi komunikasi yang sering antara perusahaan dengan konsumen menimbulkan hubungan yang erat diantara produsen dengan konsumen. Oleh karena itu, perusahaan harus menyadari bahwa hubungan yang terjalin erat dengan konsumen harus tetap terpelihara dengan baik. Adanya komunikasi yang efektif, bukan saja mendorong pembelian, tetapi dapat berpengaruh lebih jauh lagi yaitu menimbulkan loyalitas konsumen, karena konsumen merasa diperhatikan.

Salah satu produk baru yang mempunyai keunggulan (unik), berbeda dari produk lainnya, berguna untuk aktivitas sehari-hari serta dipromosikan secara gencar di berbagai media adalah minuman penambah energy Extra Joss. Saat ini hampir sebagian besar masyarakat di Jawa Tengah umumnya dan Kota Semarang khususnya, sudah mengenal minuman penambah energy Extra Joss bahkan mungkin pernah meminumnya. Dari berbagai lapisan masyarakat tersebut dipilih di Kota Semarang, karena padat penduduknya (antara rumah satu dengan rumah yang lain saling berdekatan), sebagai Ibu Kota Propinsi Jawa Tengah serta sebagai jalur transitoris antara Jawa Barat dan Jawa Timur.

Di Kota Semarang terdapat banyak Perguruan Tinggi dari berbagai Fakultas, salah satunya adalah Fakultas Ekonomi. Sedangkan dari banyak Perguruan Tinggi tersebut dipilih Kampus di Semarang, karena strategis (di tengah kota, mudah transportasinya dan dekat fasilitas umum) dan sudah dikenal luas. Dari berbagai Fakultas di  Semarang, dipilih mahasiswa Fakultas Ekonomi karena penelitian ini berkaitan dengan mata kuliah manajemen pemasaran, dimana hanya mahasiswa Fakultas Ekonomi saja yang memperoleh mata kuliah manajemen pemasaran.

Berdasarkan uraian di atas mengenai pentingnya memperhatikan suatu produk agar sukses di pasaran, maka perusahaan harus memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhinya, oleh karena itu judul yang dipilih adalah “ANALISIS PENGARUH KEUNGGULAN PRODUK, KEGUNAAN PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP TINGKAT KESUKSESAN PRODUK EXTRA JOSS DI SEMARANG ( Studi Pada.............) “.

1.2 Perumusan Masalah
Saat ini banyak beredar minuman berenergi, salah satunya merek Extra Joss. Walaupun mempunyai keunggulan dibandingkan dengan pesaing, langsung dirasakan manfaatnya dan promosinya gencar, namun market sharenya masih dibawah merek lain serta mempunyai kelemahan. Berdasarkan latar belakang di atas, maka perumusan dalam penelitian ini adalah :
  1. Bagaimana pengaruh keunggulan produk terhadap tingkat kesuksesan produk Extra Joss pada mahasiswa?
  2. Bagaimana pengaruh kegunaan produk terhadap tingkat kesuksesan produk Extra Joss pada mahasiswa ?
  3. Bagaimana pengaruh promosi terhadap tingkat kesuksesan produk Extra Joss pada mahasiswa ?
  4. Bagaimana pengaruh keunggulan produk, kegunaan produk dan promosi terhadap tingkat kesuksesan produk Extra Joss pada mahasiswa?
1.3 Tujuan Penelitian
Tujuan dari penelitian ini adalah :
  1. Untuk menganalisis pengaruh keunggulan produk terhadap tingkat kesuksesan produk Extra Joss pada mahasiswa
  2. Untuk menganalisis pengaruh kegunaan produk terhadap tingkat kesuksesan produk Extra Joss pada mahasiswa.
  3. Untuk menganalisis pengaruh promosi terhadap tingkat kesuksesan produk Extra Joss pada mahasiswa.
  4. Untuk menganalisis pengaruh keunggulan produk, kegunaan produk dan promosi terhadap tingkat kesuksesan produk Extra Joss pada mahasiswa.
1.4 Manfaat Penelitian
Manfaat penelitian ini adalah :

1. Bagi Penulis
Penelitian ini diharapkan dapat menambah pengetahuan penulis mengenai pengaruh keunggulan produk, kegunaan produk dan promosi terhadap tingkat kesuksesan produk.
2. Bagi akademik
Penelitian ini dapat menambah wawasan dan memperdalam ilmu pengetahuan serta dapat digunakan sebagai pembanding bagi pembaca yang ingin melaksanakan penelitian di bidang pemasaran
3. Bagi perusahaan
Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai sumber informasi mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kesuksesan produk.
1.5 Sistematika Penulisan
Penelitian ini disusun dalam lima bab yang terdiri dari :

BAB I : PENDAHULUAN
Pada bab ini berisi tentang latar belakang masalah, perumusan masalah, tujuan penelitian, manfaat penelitian, serta sistematika penulisan.

BAB II : LANDASAN TEORI
Pada bab ini berisi pengertian pemasaran dan bauran pemasaran, pengertian produk, keunggulan produk dan kegunaan produk, pengertian promosi dan tujuan promosi, tingkat kesuksesan produk, penelitian terdahulu, kerangka konseptual dan hipotesis.

BAB III : METODE PENELITIAN
Pada bab ini berisi tentang variabel penelitian dan definisi operasional, penentuan populasi dan sampel, jenis dan sumber data, metode pengumpulan data, serta metode analisis data.

BAB IV : HASIL DAN PEMBAHASAN
Pada bab ini berisi tentang gambaran umum responden serta analisis data.

BAB V : PENUTUP
Pada bab ini berisi tentang kesimpulan yang diperoleh serta saran yang ingin dikemukakan.

ORDER : PO EKONOMI 004 
Download

No comments:

Post a Comment

Cari Skripsi, Artikel, Makalah, Anti Virus

Custom Search