Software Anti Virus

Friday, April 2, 2010

Laporan Arus Kas

Laporan arus kas (statement of cash flow) melaporkan arus kas masuk dan arus kas keluar yang utama dari suatu perusahaan selama satu periode. Laporan ini menyediakan informasi yang berguna mngenai kemampuan perusahaan untuk menghasilkan kas dan operasi, mempertahankan dan memperluas kapasitas operasinya, memenuhi kewajiban keuangannya dan membayar dividen. Laporan arus kas adalah salah satu dari laporan keuangan dasar. Laporan ini berguna bagi manajer dalam mengevaluasi operasi masa lalu dan dalam merencanakan aktivitas investasi serta pendanaan di masa depan. Laporan ini juga berguna bagi para investor, kreditor, dan pihak-pihak lainnya dalam menilai potensi laba perusahaan. Selain itu, laporan ini juga menyediakan dasar untuk menilai kemampuan perusahaan membayar utangnya yang jatuh tempo. Laporan arus kas melaporkan arus kas melalui tiga Jenis aktifitas antara lain :
  • Arus kas dar aktivitas operasi (cash flow from operating activities) adalah arus kas dari transaksi yang mempengaruhi laba bersih. Contoh transaksi semacam itu mencakup pembelian dan penjualan barang dagangan oleh pengecer atau peritel.
  • Arus kas dari aktivitas investasi (cash flow from investing activities) adalah arus kas dari transaksi yang mempengaruhi investasi datam aktiva tidak lancar. contoh transaksi seperti itu meliputi penjualan dan pembelian aktifa tetap, seprti peralatan dan bangunan.
  • Arus kas dari aktivitas pendanaan (cash flow from financing activities) adalah arus kas dari transaksi yang mempengaruhi ekuitas dan utang perusahaan Contoh transaksi seperti itu meliputi penerbitan dan atau penarikan sekuritas atau efek ekuitas dan utang.
Arus kas dari aktifitas operasi pada umumnya disajikan terlebih dahulu, lalu diikuti dengan arus kas dari aktifitas investasi dan aktifitas pendanaan. Total arus kas bersih dari aktifitas tersebut merupakan kenaikan atau penurunan bersih kas selama periode berjalan. Saldo kas pada awal periode ditambahkan dengan kenaikan atau penurunan bersih kas, dan setelah itu saldo kas pada akhir laporan arus kas sama dengan kas yang dilaporkan di neraca. Dengan melaporkan arus kas dari aktivitas operasi, investasi dan pendanaan, maka hubungan yang signifikan dalam dan diantara aktifitas tersebut dapat dievaluasi. Sebagai contoh, penerimaan kas dari penerbitan obligasi dapat dihubungkan dengan pembayaran kembali pinjaman apabila keduanya dilaporkan sebagai aktifitas pendanaan.
1. Arus Kas dari Aktifitas Operasi
Arus kas yang paling sering dan paling penting dalam aktifitas operasi. Terdapat dua metode alternatif pelaporan arus kas dari aktifitas operasi dalam laporan arus kas. Kedua metode itu adalah (1) metode langsung dan (2) metode tidak langsung.
Metode langsung (direct method) malaporkan sumber kas operasi dan penggunaan kas operasi. Sumber utama kas operasi adalah kas yang diterima dari para pelanggan. Sedangkan penggunaan utama dari kas operasi meliputi kas yang dibayarkan pada pemasok atas barang dagangan dan dan jasa serta kas yang dibayarkan kepada pegawai sebagai gaji atau upah. Selisih antara penerimaan kas dan pembayaran kas dalam suatu operasi merupakan arus kas bersih aktifitas operasi. Keunggulan utama dari metode langsung adalah bahwa metode ini melaporkan sumber dan penggunaan kas dalam laporan arus kas. Kelemahan utamanya adalah bahwa data yang dibutuhkan sering kali tidak mudah didapat dan biaya pengumpulan umumnya mahal. Metode tidak langsung (indirect method) malaporkan arus kas operasi yang dimulai dengan laba bersih dan kemudian disesuaikan dengan pendapatan serta beban yang tidak melibatkan penerimaan atau pembayaran kas. Dengan kata lain, laba bersin akrual disesuaikan untuk menentukan jumlah bersih arus kas dari aktifitas operasi. Keunggulan utama dari metode tidak langsung adalah bahwa metode ini memusatkan pada perbedaan antara laba bersih dengan arus kas dari aktifitas operasi.
  • Dalam hal ini, metode tersebut menunjukkan hubungan antara laba rugi, neraca dan lapiran arus kas. Karena datanya dapat tersedia dengan segera, maka metode tidak langsung umumnya lebih murah dibandingkan dengan metode langsung.

2. Arus Kas dari Aktifitas Investasi
Arus kas masuk dari aktifitas investasi umumnya berasal dari penjualan aktiva tetap, investasi, dan aktiva tak berwujud. Arus kas keluar umumnya meliputi pembayaran untuk memperoleh aktiva tetap, investasi dan aktiva tak benwujud.
Arus kas dari aktifitas investasi dilaporkan pada laporan arus kas dengan cara mencantumkan terlebih dahulu arus kas masuk. Setelah itu, baru disajikan arus kas keluar. Jika arus kas masuk lebih besar dari arus kas keluar, maka arus kas bersih yang dihasitkan oleh aktifitas investasi (net cash flow provided by investing activities) dilaporkan. Tetapi, jika arus kas masuk lebih kecil dari arus kas keluar, maka arus kas bersih yang digunakan untuk aktifitas investasi (net cash flow used for investing activities) dilaporkan.
3. Arus Kas dari Aktifitas Pendanaan
Arus kas masuk dari aktifitas pendanaan biasanya berasal dari penerbitan sekuritas utang atau sekuritas ekuitas. Contoh arus kas masuk meliputi penerbitan obligasi, wesel bayar serta saham preferen dan saham biasa. Arus kas keluar dari aktifitas pendanaan metiputi pembayaran dividen tunai, pembayaran utang dan pembelian saham yang diperoleh kembali.
Arus kas dari aktifitas pendanaan dilaporkan dalam laporan arus kas dengan mencantumkan terlebih dahulu arus kas masuk, kemudian arus kas keluar. Jika arus kas masuk lebih besar daripada arus kas keluar, maka arus kas bersih yang dihasilkan dari aktivitas pandanaan (net cash flow provided by financing activities) dilaporkan. Jika arus kas masuk lebihkecil dari arus kas keluar, maka arus kas bersih yang digunakan untuk aktivitas pendanaan (net cash flow used for financing activities) dilaporkan.
4. Aktifitas Investasi dan Pendanaan Nonkas
Suatu perusahaan dapat saja melakukan aktivitas investasi dan pendanaan yang tidak secara langsung melibatkan kas. Misalnya, perusahaan dapat menerbitkan saham biasa untuk melunasi utang jangka panjang Apabila investasi dan pendanaan nonkas terjadi selama satu periode, maka pengaruhnya dilaporkan dalam skedul terpisah. Skedul ini biasanya muncul pada bagian bawah laporan arus kas. Sebagai contoh, Amazon.corn baru-baru ini mengungkapkan penerbitan saham biasa senilai $112 juta untuk akuisisi bisnis. Contoh lain dari transaksi investasi dan pendanaan norikas meliputi perolehan aktiva tetap melalui penerbitan obligasi atau modal saham dan penerbitan saham biasa sebagai penukar saham preferen konvertibel.
Arus Kas per Saham
Istilah arus kas per saham kadang kala dilaporkan dalam publikasi keuangan. Pelaporan seperti ini dapat menyesatkan para pemakai laporan keuangan. Misalnya, para pemakai mungkin menginterpretasikan arus kas per saham sebagai jumlah yang tersedia untuk dividen. Hal ini tidak akan menjadi masalah apabila kas yang dihasilkan dari operasi diperlukan untuk membayar kembali pinjaman atau untuk membayar kembali pinjaman untuk diinvestasikan kembali. Pemakai juga dapat berfikir bahwa arus kas per saham adalah ekuivalen atau mungkin lebih tinggi dari laba per saham. Karena itu, laporan keuangan, termasuk laporan arus kas tidak periu melaporkan arus kas per saham.
LAPORAN ARUS KAS METODE TIDAK LANGSUNG
Pelaporan arus kas dari aktivitas operasi dengan metode tidak langsung pada umumnya lebih mudah dan efisien daripada metode langsung. Untuk mengumpulkan data bagi keperluan laporan arus kas, seluruh penerimaan kas dan pengetuaran kas selama periode berjalan harus dianalisis. Pendekatan yang lebih efisien adalah menganalisis perubahan akun neraca nonkas. Logika dari pendekatan ini adalah bahwa perubahan pada setiap akun neraca (termasuk kas) dapat dianalisis dengan melihat perubahan akun neraca lainnya.

Aktiva = Kewajtban + Ekuitas Pemegang Saham
Kas + Aktiva Nonkas = Kewajiban + Ekuitas Pemegang Saham
Kas = Kewajiban + Ekuitas Pemegang Saham - Aktiva Nonkas

Setiap perubahan akun kas akan menghasifkan perubahan datem satu atau lebih akun neraca nonkas. yaitu, jika akun kas berubah, maka akun kewajiban, akuiyas pemegang saham, atau aktiva nonkasjuga berubah. data tambahan juga diperoleh dengan menganalisis laporan laba atau rugi dan data pendukung lainnya. Sebagai contoh, karena laba bersih atau rugi bersih pada suatu periode ditutup ke Laba Ditahan, maka perubahan akun laba bersih atau rugi bersih yang dilaporkan pada laporan laba rugi.

Laba Ditahan
Akun laba ditahan harus dianalisis secara hati-hati karena beberapa ayatjurnal mengenai laba ditahan mungkin tidak mempengaruhi kas. Sebagai contoh, penurunan laba ditahan akibat penerbitan divfden saham tidak akan mempengaruhi saham, Transaksi semacam itu tidak dilaporkan dalam Laporan Arus Kas.

Arus Kas dari Aktivitas Operasi
Menurut metode ekuntansi akmal, waktu ketika pendapatan dan beban untuk dicatat seringkali berbeda dengan waktu ketika kas diterima atau dibayarkan. Sebagai contoh, barang dagangan mungkin dijual secara kredit dank as diterima beberapa waktu setelah tanggal pembelian. Demikian juga, beban asuransi merupakan jumlah asuransi yang sudah jatuft tempo selama satu periode. Premi asuransi mungkin telah dibayar pada periode sebelumnya. jadi, laba bersih pada laporan laba rugi harus diseduaikan untuk menentukan arus kas dari aktifitas operasi.

Penyusutan
Beban penyusutan akan mengurangi laba bersih tetapi tidak memerfukan arus kas keluar. Jumlah
beban penyusutan akan ditambahkan ke laba bersih untuk menentukan laporan arus kas dari aktifitas

operasi
Aktiva Lancar dan Kewajiban Lancar
Penurunan aktiva lancar nonkas dan kenaikan kewaiibanlancar ditambahkan ke laba bersih. Sebaliknya, kenaikan aktiva lancar nonkas dan penurunan kewajiban lancar dikurang dari laba bersih. Contoh akun misalnya, piutang usaha, persediaan, utang usaha, utang beban akrual, utang pajak penghasilan, dtl.

Keuntungan atas Penjuatan Tanah
Hasil penjualan yang mencakup keuntungan dan nilai buku tanah dimasukkan dalam arus kas dari kativitas investasi. Keuntungan itu juga dimasukkan dalam laba bersih.

PELAPORAN ARUS KAS DARI AKTIVITAS OPERASI
1. Arus Kas yang Digunakan untuk Pembayaran Dividen
2. Saham Biasa
3. Utang Obtigasi
4. Bangunan
5. Tanah
6. Penyusunan Laporan Arus Kas

LAPORAN ARUS KAS METODE LANGSUNG
Metode langsung akan melaporkan arus kas dari aktivitas operasi dalam golongan utama penerimaan kas dan pembayaran kas operasi. Selisih antara total penerimaan kas dan total pengeluaran kas operasi menurut golongan utama adalah arus kas bersih dari aktifitas operasi.
1. Penerimaan Kas dari Pelanggan
2. Pembayaran Kas untuk Barang Dagangan
3. Pembayaran Kas untuk Beban Operasi
4. Keuntungan Penjualan Tanah
5. Beban Bunga
Jika beban bunga terjadi pada akhir tahun, maka beban bunga harus disesuaikan atas setiap kenaikan atau penurunan utang bunga dari awal hingga akhir tahun. Yaitu, penurunan utang bunga akan ditambahkan ke beban bunga dan kenaikan utang bunga akan dikurangkan dari beban bunga. sama halnya dengan menyesuaikan perubahan yang terjadi pada utang dari pajak penghasilan.
6. Pembayaran Kas untuk Pajak Penghasilan
7. Pelaporan Arus Kas dari Aktifitas Operasi Metode Langsung

ANALISIS DAN INTERPRETASI KEUANGAN
Suatu alat yang berguna untuk mengevaluasi posisi kas perusahaan adalah arus kas bebas. Arus kas
bebas (free cash flow) adalah ukuran kas operasi yang tersedia untuk tujuan perusahaan setelah menyedjakan tambahan aktiva tetap yang cukup guna mempertahankan kapasitas produksi saat int dan dividen.

Perusahaan yang memiliki arus kas bebas akan mampu mendanai pertumbuhan internal, melunasi utang, dan menikmati fleksibilitas keuangan. Sedangkan, perusahaan yang tidak memiliki arus kas bebas, tidak akan mampu untuk mempertahankan kapasitas produktif saat ini atau membayar dividen kepada pemegang saham. Kekurangan arus kas bebas dapat menjadi petunjuk awal dari masalah likuiditas.

Neraca Lajur - Metode Tidak Langsung

- Analisis Akun
Suatu metode yang efisien dalam menganalisis arus kas adalah menentukan jenis aktivitas arus kas yang menyebabkan perubahan akun neraca seiama periode berialan, Setelah semua akun nonkas dianalisis, ayatjurnal dibuat untuk kenaikan atau penurunan kas selama periode bersangkutan. Akan tetapi, ayatjurnal ini tidak diposkan dalam buku besar, namun hanya membantu merakit data pada neraca lajur.

- Penyelesaian Neraca Lajur
Setelah semua akaun neraca dianalisis dan ayatjurnal dibuat pada neraca lajur, semua aktivitas operasi, investasi dan pendanaan ditdentifikasikan dalam bagian bawah neraca tejur. Ketepatan ayat jurnal neraca lajur dibuktikan dengan kesamaan setiap pasang dari total kolom debit dan kredit transaksi.
- Penyusunan taporan Arus kas
Pada bagian arus kas aktifitas operasi, pengaruh penyusutan biasanya disajikan pertama kali. Pengaruh kenaikan dan penurunan aktiva lancar serta kewajiban lancar akan disajikan kemudian. Pengaruh setiap keuntungan dan kerugian atas setiap aktivitas operasi biasanya dilaporkan paling akhir.
Neraca lajur - Metode Langsung 

- Analisis Akun
Menurut metode langsung dalam pelaporan arus kas dari aktifitas operasi, analisis akun dimulai dengan laporan laba rugi. Setelah akun-akun laba rugi selesai dianalisis, selanjutnya akan dianalisis perubahan akun-akun neraca. Urutan akun-akun tidak penting. Namun, lebih efisien untuk memulainya dengan akun laba ditahan dan dilanjutkan kedaftar akun secara berurutan. Selagi setiap akun neraca nonkas dianalisis, ayat jurnal dibuat pada neraca lajur untuk aktivitas arus kas yang berkaitan.

- Penyelesaian Neraca Lajur
Setelah menganlisis semua akun neraca dan laporan laba rugi serta membuat ayat jurnal pada neraca lajur, semua aktivitas operasi, investasi, dan pendanaan ditentukan dalam bagian bawah dari neraca lajur. ketepatan matematis dari ayat jurnal neraca lajur dibuktikan dengan kesamaan setiap pasang dari kolom transaksi debit dan kredit.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment

Cari Skripsi, Artikel, Makalah, Anti Virus

Custom Search