Software Anti Virus

Sunday, April 4, 2010

Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia

PERTUMBUHAN EKONOMI INDONESIA
MELAMBAT DI TAHUN 2009

Menko Ekonomi merangkap Menteri Keuangan Indonesia, Sri Mulyani, menyatakan bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun 2009 mendatang akan mengalami perlambatan. Pertumbuhan ekonomi Indonesia akan menemui hambatan yang sangat besar untuk mempertahankan pertumbuhan tinggi seiring dengan krisis keuangan global yang melanda seluruh dunia. 

Sinyal bahwa pertumbuhan ekonomi di Indonesia akan melambat akan diawali pada kuartal keempat tahun ini setelah pada kuartal ketiga lalu pertumbuhan ekonomi di Indoensia masih menunjukkan ekspansi yang ”sangat besar”. Indeonseia merupakan negara dengan perekonomian terbesar di Asia Tenggara. Ibu Ani menyatakan pendapatnya bahwa akan menjadi tantangan yang luar biasa sulit untuk mempertahankan pertumbuhan ekonomi yang tinggi pada kondisi saat ini. 

Di samping menyatakan kemungkinan perlambatan pertumbuhan ekonomi, Menteri keuangan terbaik di Asia ini menegaskan bahwa pemerintah Indonesia telah mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk mengatasi kondisi perlambatan tersebut. Pertumbuhan ekonomi di Indonesia pada tahun 2009 mendatang diperkirakan hanya akan sebesar 5%. Angka ini lebih rendah dari perkiraan semula yang berada pada kisaran 5.5% - 6.5%. dalam menganggulangi perlambatan ekonomi ini pemerintah akan mengkaji secara menyeluruh kemungkinan paket stimulus fiskal untuk mempertahankan pertumbuhan. 

Bagi banyak pihak bahkan kemungkinan besar pertumbuhan ekonomi di Indoneia pada tahn 2009 mendatang hanya akan mencapai sebesar 4.5% apabila resesi di AS benar-benar terbukti. Nilai tukar rupiah saat ini telah terkena imbas dari krisis global. Pelarian dana ke luar negeri telah mengakibatkan mata uang Indonesia in anjlok sebesar 9.7% selama bulan Oktober lalu. Mata uang ini merupakan mata uang yang berkinerja terburuk di antara mata uang lain di Asia. Akan tetapi analis Vibiz Research berpendapat bahwa penurunan rupiah ini merupakan koreksi yang wajar sebab mata uang ini sebelumnya merupakan mata uang yang berkinerja terbaik dan telah mengalami penguatan yang terlampau tinggi selama beberapa bulan belakangan.

Analisis Vibiz Research dari Vibiz Consulting berpendapat bahwa masih ada harapan di tengah potensi melambatnya ekonomi di Indonesia. Tingkat inflasi yang diharapkan melambat diperkirakan akan mampu dicapai. Penurunan harga jual BBM dalam negeri setelah minya metnah anjlok tajam diharapkan akan mampu mengurangi tekanan inflasi. Hagra jual premium akan mulai ditrunkan per 1 Desember mendatang dan akan diikuti oleh penurunan BBM jenis solar dan minyak tanah dua bulan berikutnya.

Dengan tingkat inflasi yang dapat turun di bawah level 2 digit BI akan memiliki ruang untuk menurunkan BI rate yang saat ini berada pada level 9.5%. Dengan penurunan BI rate ini diharapkan dapat kembali menggenjot sektor riil sebagai penggerak roda ekonomi.

No comments:

Post a Comment

Cari Skripsi, Artikel, Makalah, Anti Virus

Custom Search