Software Anti Virus

Sunday, June 27, 2010

AYAM KREMES DAN ANEKA ES CAMPUR

AYAM KREMES DAN ANEKA ES CAMPUR
PKPM-K

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Penelitian
Memasuki tahun 2010 yang menunjukan fakta semakin ketat dan majunya persaingan dibidang bisnis kewirausahaan meliputi ketenagakerjaan dan semakin sulitnya untuk berwirausaha, maka sebagai generasi muda yang mempunyai pikiran untuk maju kita berusaha untuk menemukan peluang berwirausaha dengan menerapkan keterampilan yang kita miliki dam ilmu ekonomi yang telah kami pelajari di perkuliahan,baik ilmu ekonomi makro maupun mikro terutama di bidang perbisnisan kewirausahaan.

Terdorong oleh keinginan untuk berwirausaha dan menerapkan ilmu ekonomi yang telah kami pelajari di perkuliahan,kita memutuskan untuk mendirikan usaha warung yang mampu bersaing dengan kompetitor yang mempunyai bisnis yang sama dengan nama “Ayam Kremes Dan Aneka Es Campur”.Usaha ini berdiri dengan modal sendiri dan kami mengelola dengan prinsip kerja keras dan tanggung jawab.

Kami mencoba memberikan warna baru dalam variasi camilan untuk membedakan Ayam Kremes Dan Aneka Es Campur ini dengan lainnya menggunakan tempat yang saya miliki sebagai sarana mencari keuntungan ,tetapi kami juga menjadikan tempat usaha kami ini sebagai salah satu sarana untuk mengembangkan ide-ide baru yang kita punyai yaitu dengan cara menemukan menu-menu baru dengan bahan yang mudah didapat.
Dalam jangka waktu 1,5 bulan usaha kami berkembang pesat serta mempunyai beberapa pelanggan tetap.

1.2 Perumusan Masalah
Identifikasi masalah terdiri dari beberapa aspek diantaranya :

2.1 Aspek Pemasaran
Aspek pasar dan pemasaran adalah inti dari penyusunan studi kewirausahaan. Meskipun secara teknis menunjukkan hasil yang feasible untuk dilaksanakan, tapi tidak ada artinya apabila tidak dibarengi dengan adanya pemasaran dari produk yang dihasilkan. Dalam uraian aspek pemasaran sekurang-kurangnya harus melingkupi peluang pasar, perkembangan pasar, penetapan harga pasar, dan langkah-langkah yang perlu dilakukan disamping kebijaksanaan yang diperlukan.

2.2 Aspek Organisasi
Dalam aspek organisasi yang perlu diuraikan adalah bentuk badan hukum usaha, nama usaha, perencanaan kegiatan, bentuk struktur organisasi, perencanaan kebutuhan tenaga kerja, deskripsi pekerjaan, spesifikasi pekerjaan, dan perencanaan sistem kompensasi. Berdasarkan pada struktur organisasi yang ditetapkan kemudian ditentukan jumlah tenaga kerja serta keahlian yang diperlukan.

2.3 Aspek Manajemen
Merupakan proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran (goals), secara efektif dan efisien.Efektif berarti bahwa tujuan dapat dicapai sesuai dengan perencanaan, efisien berarti bahwa tugas yang ada dilaksanakan secara benar, terorganisir, dan sesuai dengan jadwal. Ini adalah bagian yang tidak terpisahkan dari beberapa aspek kajian dalam sebuah laporan studi. Hal ini membahas mengenai manajemen dan pengorganisasian dalam rangka menjalani suatu proyek.

2.4 Aspek Teknis dan Teknologi
Faktor-faktor yang perlu diuraikan dalam aspek teknis adalah pemilihan teknologi yang tepat dan benar, pemilihan lokasi usaha yang telah direncanakan, perencanaan tata letak yang baik, perencanaan proses produksi dan perencanaan kualitas.

2.5 Aspek Ekonomi dan Keuangan
Aspek ekonomi dan keuangan yang perlu dibahas dibagi menjadi dua yaitu berdasarkan pengolahan data dan analisa investasi dan kelayakan. Pengolahan data disini terdiri dari beberapa unsur didalamnya yaitu kebutuhan investasi dan modal kerja, pola pengembalian modal pinjaman, harga pokok penjualan, proyeksi rugi laba, proyeksi arus kas, dan proyeksi neraca. Sedangkan untuk analisa investasi dan kelayakan diantaranya : perhitungan payback period, perhitungan BEP, perhitungan NPV, perhitungan IRR, perhitungan profitability index.

1.3 Tujuan dan Manfaat
1.3.1 Tujuan
Kami melakukan penelitian ini karena memiliki tujuan sebagai berikut :
  1. Untuk melihat perkembangan usaha Ayam Kremes Dan Aneka Es Campur di Semarang ini apakah semakin pesat atau tidak
  2. Agar kita mengetahui cara pembuatan dan keuntungan serta kerugian yang dialami para penjual Ayam Kremes Dan Aneka Es Campur.
  3. Dengan penelitian ini kita dapat mengetahui seberapa besar para konsumen masih berminat untuk menikmati Ayam Kremes Dan Aneka Es Campur di waktu yang akan datang.
  4. Untuk mengetahui permintaan dan penawaran konsumen terhadap Ayam Kremes Dan Aneka Es Campur itu sendiri.
1.3.2 Manfaat
Suatu kondisi baru yang akan terwujud dari usaha yang kita jalani yaitu dapat memiliki prioritas tersendiri untuk usaha yang kami dirikan, karena bisnis usaha ini tidak hanya untuk kalangan umur tertentu agar dapat menikmatinya. Inovasi yang kami ikuti menjadikan usaha ini dapat selalu berkembang.

IV. Metode Pelaksanaan
Metode penelitian dipakai agar suatu penelitian dapat lebih diteliti, terarah, sistematis, dan mudah untuk dilaksanakan.
a. Jenis metode
Penelitian dapat berjalan dengan baik jika dalam pelaksanaanya terlebih dahulu harus ditentukan maka dalam berbisnis harus tahu planing yang harus tepat. Jenis penelitian yang digunakan oleh kita adalah jenis deskriptif yaitu jenis penelitian untuk mendeskriptifkan secara rinci mengenai data yang digunakan kita.

b. Obyek penelitian
Adapun obyek yang digunakan dalam penelitian ini adalah usaha pembuatan Ayam Kremes Dan Aneka Es Campur secara inovatif.

c. Jenis data
Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yaitu data yang diperoleh secara langsung dari sumbernya melalui tanya jawab langsung.

d. Metode pengumpulan data
Menggunakan metode wawancara yang di dapatkan dari sumbernya langsung untuk mendapatkan data yang dibutuhkan baik secara teoris ataupun realiti.

V. Sistematika Penulisan
Sistematika penulisan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan sistematika sebagai berikut :
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Penelitian
1.2 Perumusan Masalah
Aspek Pemasaran
Aspek Organisasi
Aspek Manajemen
Aspek Teknis dan Teknologi
Aspek Ekonomi dan Keuangan
1.3 Maksud dan Tujuan Usaha
1.4 Metode Penelitian
1.5 Sistematika Penulisan

BAB II ASPEK PEMASARAN
Bentuk Pasar
Peramalan
Perhitungan Peramalan Permintaan
Perhitungan Peramalan Penawaran
Market Space dan Market Share
Segmentasi, Target dan Posisi di Pasar
Situasi Persaingan
Strategi Pemasaran (marketing mix)

BAB III ASPEK ORGANISASI
Bentuk Struktur Organisasi
Deskripsi Pekerjaan

BAB IV ASPEK MANAJEMEN
Bentuk Badan Hukum Usaha
Nama Usaha
Perencanaan Kegiatan
Deskripsi Pekerjaan

BAB IV ASPEK TEKNIS DAN TEKNOLOGI
Pemilihan Teknologi
Pemilihan Lokasi Usaha
Perencanaan Tata Letak
Perencanaan Proses Operasi
Perencanaan Kualitas

BAB V ASPEK EKONOMI DAN KEUANGAN
Pengolahan Data
Kebutuhan Investasi dan Modal Kerja
Pola Pengembalian Modal Pinjaman
Harga Pokok Penjualan
Proyeksi Rugi Laba
Proyeksi Arus Kas
Proyeksi Neraca
Analisa Investasi dan Kelayakan
Perhitungan Payback Period

BAB VI KESIMPULAN DAN REKOMENDASI
Kesimpulan
Rekomendasi

No comments:

Post a Comment

Cari Skripsi, Artikel, Makalah, Anti Virus

Custom Search