Software Anti Virus

Monday, April 5, 2010

TA Prosedur Akuntansi Penggajian

PROSEDUR AKUNTANSI PENGGAJIAN PADA PEGAWAI PT. KERETA API INDONESIA (PERSERO) DAOP IV SEMARANG

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Suatu Negara yang berkembang, akan berusaha melakukan berbagai usaha pembangunan disektor, salah satu disektor transportasi. Transportasi merupakan sarana yang sangat penting dan strategis dalam memperlancar roda perekonomian. Memperlancar distribusi barang dan jasa memudahkan mobilitas sumber-sumber daya ekonomi. Pentingnya transportasi ini tercermin pada peningkatan kebutuhan akan jasa angkutan mobilitas orang serta barang dari seluruh plosok tanah air, bahkan keluar negri. Fungsi transportasi dalam perekonomian modern semakin penting sejalan berkembangnya sarana transportasi darat. Salah satu alat transportasi darat adalah kereta api. Kereta api merupakan salah satu alat yang dibutuhkan masyarakat dan banyak diminati. Di Indonesia sendiri kebutuhan alat transportasi ini sangat besar bahkan setiap tahun pemaki kereta api bertambah. Jasa transportasi kereta api yang dilengkapi dengan teknolgi yang memadai serta pelayanan yang memuaskan akan dapat menarik minat konsumen lebih banyak lagi untuk menggunakan jasa transportasi kereta api.

PT. Kereta Api Indonesia adalah suatu perusahaan persero yang bergerak dibidang jasa transportasi. Sebagai satu-satunya perusahaan perkeretaapian di Indonesia, PT. Kereta Api Indonesia memberikan berbagai jasa pelayanan masyarakat yaitu jasa pengangkutan penumpang dan barang, PT Kereta Api Indonesia memberikan berbagai jasa pelayanan masyarakat yaitu jasa pengangkutan penumpang dan barang restorasi, sewa gerbong, dan jasa pelayanan lainnya. Dari berbagai bidang jasa yang dijalankan PT. Kereta Api Indonesia, pelayanan jasa angkutan barang dan jasa penumpang memegang peran yang sangat penting. Bidang usaha pelayanan jasa tersebut menjadi sumber pendapatan utama bagi PT. Kereta Api Indonesia karena selain memberikan pelayanan transportasi PT. Kereta Api juga memperoleh laba.

PT. Kereta Api Indonesia agar dapat mencapai tujuan tersebut, perusahaan dan sumber daya manusia mempunyai keterkaitan yang berperan penting untuk kemajuan usahanya. Selain untuk memperoleh laba perusahaan juga sangat memperhatikan kesejahteraan pegawai. Pegawai digolongkan menjadi beberapa golongan dan hal tersebut tidak luput dengan gaji, upah. Gaji/upah digolongkan sesuai pangkat dan jabatan pekerjaan. Selain itu gaji pokok pegawai memperoleh tunjangan dari perusahaan seperti: tunjangan keluarga, tunjangan jabatan, tunjangan beras, tunjangan pajak penghasilan pasal 21, dana kesehatan, tabungan dan asuransi pegawai, dan dana kesejahteraan atau dana pensiun.

Kebijakan-kebijakan yang diterapkan oleh perusahaan diatas ditunjukan untuk dapat meningkatkan kinerja pegawai dan memotivasi pegawai agar lebih mempunyai dedikasi yang tinggi untuk kemajuan perusahaan. Pentingnya prosedur penggajian adalah demi terciptanya kesejahteraan, keselarasan hidup dalam lingkungan perusahaan PT. Kereta Api Indonesia (Persero) DAOP IV Semarang.

Berdasarkan uraian latar belakang diatas penulis tertarik mengambil judul ’’ PROSEDUR AKUNTANSI PENGGAJIAN PADA PEGAWAI PT. KERETA API INDONESIA (PERSERO) DAOP IV SEMARANG ”.

1.2 Perumusan Masalah
Sejalan dengan pentingnya penggajian karyawan dalam perusahaan, maka penggajian merupakan masalah yang sangat erat kaitanya dengan manajemen personalia dan pengawasan intern. Oleh karena itu, dalam penulisan laporan perumusan kerja praktek adalah ” Bagaimana Prosedur Akuntansi Penggajian pada Pegawai PT. Kereta Api Indonesia (Persero) DAOP IV Semarang ”.

1.3 Tujuan Kerja Praktek
Tujuan dari penyusunan laporan kerja lapangan ini adalah memperoleh gambaran yang jelas mengenai Sistem dan Prosedur Akuntansi Penggajian Pegawai pada PT. Kereta Api Indonesia (Persero) DAOP IV Semarang.

1.4. Manfaat Kerja Praktek.
Manfaat dari penyusunan Laporan Kerja Praktek Lapangan ini adalah :

1. Bagi Penulis
  1. Menambah pengetahuan dan wawasan dan penulis di bidang Akuntansi khususnya Sistem dan Prosedur Akuntansi Penggajian Pegawai pada PT. Kereta Api Indonesia (Persero) DAOP IV Semarang.
  2. Menambah pengalaman tentang dunia kerja dengan melihat kenyataan yang ada di lapangan
 2. Bagi Perusahaan
  1. Membantu meringankan pekerjaan karyawan perusahaan.
  2. Sebagai bahan pertimbangan dan masukan bagi perusahaan yang dapat diperhitungkan untuk meningkatkan efektif kerja dan menambah informasi dalam menentukan kebijakan untuk menjalankan perusahaan di masa yang akan datang.

3. Bagi Akademik
  1. Dapat terjalin kerjasama yang baik antara perusahaan dengan universitas.
  2. Sebagai tambahan referensi dan bacaan yang dapat menambah pengetahuan mengenai Sistem dan Prosedur Penggajian dan Pegawai.
ORDER : TA EKONOMI 001

No comments:

Post a Comment

Post a Comment

Cari Skripsi, Artikel, Makalah, Anti Virus

Custom Search